Jasa Pembuatan Taman,kolam dan Saung Minimalis serta Menjual Aneka Tanaman Hias via Ekspedisi atau Antar Langsung Jabodetabek
Home » » Teras Moderen Untuk Rumah Minimalis

Teras Moderen Untuk Rumah Minimalis

Teras adalah bagian penting dari rumah, karena memberi ‘batas’ antara area luar dan dalam. Teras rumah minimalismerupakan upaya untuk menonjolkan keindahan sekaligus fungsi area ini, namun tanpa terlalu banyak detail berlebihan dan sesuai dengan selera modern. Banyak rumah punya teras depan dan belakang, namun ada juga yang hanya punya teras depan, atau punya teras belakang lebih luas dari teras depan. Bahkan banyak pula yang membuat teras di lantai dua atau atap rumahnya.
Teras rumah minimalis sebagai penambah ruang
Teras rumah minimalis sebagai penambah ruang
Seperti apapun bentuk teras rumah Anda, area ini sebenarnya bisa difungsikan sebagai ruang tambahan bagi rumah Anda, terutama jika rumah tersebut tidak begitu luas atau hanya punya satu tingkat. Jaman sekarang, teras rumah minimalis modern sudah jamak dijadikan ruangan ekstra, misalnya untuk membuat ruang keluarga atau ruang tamu semi terbuka atau tempat mengadakan pesta.
Teras belakang rumah minimalis sebagai ruang makan
Teras belakang rumah minimalis sebagai ruang makan

Fungsi Teras Rumah Minimalis Modern

Banyak desainer rumah modern yang memanfaatkan teras sebagai bagian dari ruangan dalam rumah, terutama jika rumah tersebut kecil. Jika Anda memiliki ruang untuk teras, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di ruang tambahan tersebut. Berikut beberapa fungsi teras rumah minimalis yang jamak ditemui pada rancangan rumah modern masa kini:
  • Sebagai ruang tamu atau ruang berkumpul keluarga. Hal ini sesuai logika karena biasanya di teras diletakkan minimal kursi dan meja. Akan tetapi, desain rumah modern saat ini biasanya benar-benar memanfaatkanteras depan rumah minimalis sebagai suatu perpanjangan ruangan yang benar-benar menunjukkan fungsi tertentu. Misalnya, di teras diletakkan satu set sofa dengan meja kopi, atau bahkan ranjang sofa jika areanya cukup luas.
Teras depan rumah minimalis sebagai ruang tamu
Teras depan rumah minimalis sebagai ruang tamu
  • Sebagai ruang makan. Ini biasanya diterapkan pada teras di samping, di lantai dua rumah, di atap, atau diteras belakang rumah minimalis. Area tempat makan ini biasanya harus dipasangi kanopi atau dinaungi atap, dan perabotnya yang bertipe minimalis agar tidak terkesan terlalu berat ketika dipajang di luar rumah.
  • Sebagai perpanjangan ruangan di dalam rumah. Biasanya, teras rumah minimalis yang dimaksudkan untuk memperpanjang ruangan di dalam dibatasi dengan pintu geser kaca atau pintu lebar, sehingga ketika dibuka, teras akan terlihat sebagai bagian dari ruangan di dalam, bukan area tersendiri. Selain itu, biasanya lantai area teras ini memiliki material dan ketinggian yang sama dengan lantai ruangan di dalam.
Teras depan dapan dirancang sebagai tempat menyambut tamu yang nyaman
Teras depan dapan dirancang sebagai tempat menyambut tamu yang nyaman
Teras rumah minimalis modern juga kerap dimanfaatkan sebagai tempat bersosialisasi, misalnya ketika pemilik rumah mengadakan acara kumpul-kumpul dengan tetangga, acara pesta ulang tahun dan sebagainya. Akan tetapi, desainnya tentu harus dipikirkan agar tamu yang berada di luar tak merasa terasing dan terpisah dari tamu di dalam rumah.

Contoh Elemen Desain Teras Belakang Rumah Minimalis

Berikut beberapa contoh elemen desain teras modern, baik teras depan maupun teras belakang rumah minimalis:
  • Kombinasi antara lantai patio kayu dengan lapangan rumput menghasilkan kontras yang menarik. Lantai patio rendah bisa menjadi batasan antara area yang masih termasuk rumah dengan area pekarangan rumput Anda. Jika area lantai pationya cukup luas, ini bisa menjadi tempat menaruh perabot tambahan.
Teras belakang dimanfaatkan sebagai patio untuk bersantai dan berkumpul keluarga
Teras belakang dimanfaatkan sebagai patio untuk bersantai dan berkumpul keluarga
  • Papan-papan kayu bisa dideretkan menjadi pijakan panjang (wooden bridge) yang menghubungkan antara pintu depan, teras dan pekarangan. Di rumah modern, wooden bridge ini sering digunakan untuk menghubungkan antara teras belakang dan kolam renang, sehingga pemilik rumah bisa hilir-mudik tanpa harus mengenakan sepatu atau sandal dari dalam rumah langsung ke kolam renang, tanpa menginjak pekarangan.

Contoh desain teras depan rumah minimalis

Berbeda dengan teras belakang, teras depan rumah minimalisdiperuntukkan sebagai ‘penyambut tamu.’ Oleh sebab itu, area ini harus ditata senyaman mungkin. Berikut adalah beberapa ide yang bisa anda terapkan:
  • Area teras yang luas seperti di rumah-rumah ala kolonial atau rumah tradisional Jawa dapat dijadikan ruang kedua, dengan menempatkan perabot lengkap seperti satu set meja kursi, namun sebaiknya tidak serumit susunan perabot di bagian dalam rumah.
Teras depan rumah bergaya etnik biasanya dimanfaatkan sebagai ruang tamu
Teras depan rumah bergaya etnik biasanya dimanfaatkan sebagai ruang tamu
  • Jalur beton langsung di atas pekarangan rumput merupakan desain teras rumah minimalis yang digemari perancang modern saat ini. Jika Anda punya pekarangan rumput yang cukup luas, langsung menempatkan jalur beton yang rata di atasnya (untuk jalan kaki, bukan untuk mobil) memberi efek dramatis. Di pinggirnya bisa diberi lampu penerang dan tanaman
  • Content Protection by DMCA.com




PENGIRIMAN MELALUI :

PRODUK KAMI JUGA TERSEDIA DI :