Jasa Pembuatan Taman,kolam dan Saung Minimalis serta Menjual Aneka Tanaman Hias via Ekspedisi atau Antar Langsung Jabodetabek
Home » » Tips Desain Taman Minimalis Secara Alami

Tips Desain Taman Minimalis Secara Alami

Memiliki taman yang indah adalah bagian dari rumah ideal; walau rumah Anda kecil, taman atau pekarangan bisa memberi kesan asri dan nyaman. Taman rumah minimalis merupakan tren baru dalam beberapa tahun terakhir, dimana model taman mengikuti lanskap lingkungan di sekitarnya, sehingga nampak alami. Hasilnya, taman tidak lagi kelihatan seperti lanskap buatan, namun nampak menyatu dengan cukup halus dengan lingkungan sekitarnya.
Taman rumah minimalis di depan rumah
Taman rumah minimalis di depan rumah
Tren ini banyak diadopsi di rumah-rumah bergaya modern atau kontempoter. Dan jika rumah Anda tidak begitu besar, taman yang natural dengan lapangan rumput dan tak terlalu banyak ornamen akan membuat rumah terasa lega.

Taman Rumah Minimalis Modern: Lahan Rumput Sebagai Elemen Utama

Dalam banyak rumah modern, taman rumah minimalis modernkerap didominasi oleh lahan rumput yang benar-benar datar, baru kemudian ditambah dengan ornamen untuk menegaskan batas pekarangan tersebut dengan lingkungan sekitarnya. Misalnya, halaman rumput datar dibiarkan tertata rapi tanpa terlalu banyak ornamen khas taman seperti patung, semak-semak atau lanskap yang terlalu detail. Taman rumah minimalis macam ini populer karena kesannya lega dan lapang, dan jika Anda merenovasi rumah, taman macam ini akan selalu cocok dengan desain apapun.
Taman dengan padang rumut dan jalur jalan kaki
Taman dengan padang rumut dan jalur jalan kaki
Keuntungan lain dari taman macam ini adalah pemeliharaannya yang tidak terlalu susah. Anda cukup memangkas rumput dan mungkin menyapu daun-daun kering, namun tidak lebih. Dan bagi Anda yang punya konsep rumah semi terbuka, Anda bisa membuat teras atau patio yang lantainya langsung tersambung ke halaman rumput di luar, sehingga rumah nampak lebih luas lagi.
Taman rumah minimalis modern ini pun populer di kalangan pecinta gaya urban modern karena berkesan bersih, tidak berantakan, dan memberi banyak ruang untuk bermain atau beraktifitas di luar ruangan. Akan tetapi, punya taman minimalis berkesan natural bukan berarti Anda hanya bisa melengkapinya dengan rumput.
Paduan taman belakang dengan patio
Paduan taman belakang dengan patio

Variasi Taman Rumah Minimalis Modern

Taman depan rumah minimalis modern bisa memadukan elemen lahan itu sendiri dengan fitur-fitur fungsional yang bisa sekaligus merangkap sebagai desain. Berikut beberapa contoh umum:
  • Memadukan lahan rumput dengan jalur jalan kaki yang terbuat dari semen, beton atau lempengan batu. Kekontrasan antara jalur keras ini dengan rumput hijau di sekitarnya akan menjadi sajian mata yang unik serta modern, dan jalur keras ini tentunya merupakan fitur praktis untuk taman Anda. Tambahkan lampu-lampu LED kecil atau lampu taman untuk penerangan sekaligus memberi kesan modern dan mewah.
Salah satu sudut di halaman rumput dimanfaatkan sebagai taman kecil
Salah satu sudut di halaman rumput dimanfaatkan sebagai taman kecil
  • Memadukan lapangan rumput dengan kolam renang. Ini biasanya diterapkan pada taman belakang rumah minimalis, di mana kolam renang biasa ditempatkan dengan alasan privasi. Kolam renang ini bisa dihubungkan dengan ‘jembatan’ panel kayu (wooden bridge) yang menghubungkan rumah dan pinggir kolam. Kontras antara air biru dengan rumput hijau menjadi pemandangan menyegarkan, terutama jika di sekitarnya ada kursi berjemur.
Patio dengan paduan halaman rumut dan kolam kecil
Patio dengan paduan halaman rumut dan kolam kecil
  • Menjejerkan lapangan rumput dengan petak tanaman di sudut tertentu. Jika Anda memiliki pekarangan kecil atau ingin punya tanaman lain selain rumput namun tanpa memakan banyak tempat, coba tempatkan satu petak kecil tanaman seperti bunga-bunga yang kalau tumbuh berwarna cerah, atau cemara hias kecil, atau semak-semak arbei. Desain ini biasanya populer untuk taman depan rumah minimalis, dan memberi kesan lebih segar tanpa memenuhi pekarangan rumput Anda.
Lapangan rumput dengan petak tanaman di halaman rumah
Lapangan rumput dengan petak tanaman di halaman rumah
  • Memadukan taman bentuk lapangan rumput dengan teras patio yang lantainya agak memanjang. Jika Anda punya teras model patio, coba buat agar patio tersebut agak memanjang atau menyambung sedikit ke bagian taman. Hal ini untuk memberi tambahan ruang jika ada banyak tamu atau ada yang bermain. Anda juga bisa menempatkan perabot ekstra di salah satu sudut, dimana Anda bisa menaruh kursi, sofa, kursi makan dan sebagainya.
Taman belakang rumah dengan kolam kecil
Taman belakang rumah dengan kolam kecil
Jika Anda ingin taman rumah minimalis yang benar-benar sedang tren, coba temukan model desain taman dalam rumah minimalis. Dibuat di dalam rumah, taman ini bisa menjadi tempat penghilang lelah bagi Anda. Yang jelas, pastikan agar taman tersebut dirawat dengan baik agar tak menjadi sarang nyamuk. Taman semacam ini memang modern, segar dan enak dipandang.
Content Protection by DMCA.com

PENGIRIMAN MELALUI :

PRODUK KAMI JUGA TERSEDIA DI :